10 Fakta Li Ziqi Yo, Youtuber Terkaya Tiongkok yang Diguga Hilang

oleh


YouTuber asal Tiongkok, Li Ziqi Yo diduga hilang karena sudah dua bulan tidak mengunggah konten di kanal YouTube-nya sejak Juli lalu. Padahal, Li Ziqi Yo selama ini dikenal sebagai kreator YouTube spesialis pembuat konten seputar kehidupan tinggal di desa.

Konten Li Ziqi sukses membuat dirinya meraih Guinness World Record sebagai YouTuber yang berhasil meraih 3 juta subscribers per tahunnya. Sementara itu, Li Ziqi kini memiliki 16 juta subscribers dan dinobatkan sebagai salah satu YouTuber terkaya di dunia.

Betapa tidak, video yang diunggah content creator sejak 2017 lalu itu berhasil membuat kagum banyak orang lantaran memperlihatkan kehidupan pedesaan yang asri.

Namun, hingga saat ini belum ada lagi video baru dari kanal YouTube Li Ziqi Yo. Itu menimbulkan pertanyaan para penggemar terkait kabar dan keberadaannya.

Penasaran dengan sosok perempuan 31 tahun itu? Yuk, ketahui sederet fakta-faktanya di bawah ini!

Fakta-fakta Youtuber Li Ziqi Yo yang Diduga Hilang Misterius

1. Li Ziqi Yo Membuat Video Estetik Kehidupan Desa

Li Ziqi Yo

Li Ziqi Yo Membuat Video Estetik Kehidupan Desa (Instagram)

Bisa dibilang, Li Ziqi Yo merupakan content creator multitalenta. Ia bisa memasak, bercocok tanam, menyulam, menjahit, merajut, berkuda, hingga piawai dalam membuat video estetik.

Gadis ini memperlihatkan dunia memasak makanan lezat yang bahannya diolah dari nol lewat video-video estetik miliknya

Li Ziqi pernah mengungkapkan, dirinya ingin memperlihatkan kehidupan keseharian di desa agar banyak orang merasa tenang setelah hari yang melelahkan.

Artikel terkait: 4 Fakta Vicky Zhao yang Diberangus China dari Dunia Maya

2. Li Ziqi Yo Sering Membuat Konten Menyejukkan

Li Ziqi

Konten yang Menyejukkan (Instagram)

Seperti dilansir dari laman Guinness World Records, video unggahan Li Ziqi di kanal YouTube-nya telah menarik perhatian para penggemar dari seluruh dunia.

Para subscriber-nya menyukai vlog buatan Li yang menampilkan kehidupan di pedesaan yang kental dengan budaya tradisional China.

Li Ziqi mendapat banyak keterampilan seperti menenun, memasak, dan bertani sejak dia masih kecil. Keahlian itu ia peroleh dari hasil belajar bersama kakek-neneknya yang tinggal di perdesaan.

Proses Li saat melakukan berbagai kegiatan itu, menjadi elemen penting untuk videonya. Juga, menjadi inti dari kontennya yang menenangkan dan menyejukkan.

Tak heran, meski tanpa berbicara, video Li Ziqi tetap mendapatkan banyak viewers yang bahkan bisa mencapai 80 juta di salah satu unggahannya.

3. Video Pertama Li Ziqi Yo

Li

Video Pertama yang Diunggahnya (Instagram)

Sebelum menceritakan kehidupannya di pedesaan, perempuan berambut panjang itu awalnya mengunggah video pertama tentang cara memanfaatkan kulit buah anggur pada tahun 2017 lalu.

Saat awal membuat video, Li Ziqi melakukan pengambilan gambar untuk kanal YouTube-nya seorang diri. Namun, dia kini telah memiliki seorang videografer dan asisten yang membantunya.

Artikel terkait: Nahas, Influencer Asal China Dibakar Hidup-hidup Mantan Suami saat Livestream

4. Raih Penghargaan Guinness World Records 

Li Raih Penghargaan Guinness World Records

Raih Penghargaan dari Guinness World Records (Instagram)

Pada 3 Februari 2021 lalu, Li mendapat penghargaan dari Guinness World Records sebagai YouTuber dengan titel ‘Kanal berbahasa Mandarin dengan subscriber terbanyak di YouTube’.

Dilansir dari Global Times, pengumuman tersebut disampaikan melalui akun Weibo, media sosial China, resmi milik Guinness World Records pada Selasa 2 Februari 2021.

Li Ziqi disebut mencetak rekor baru. Jumlah subscriber-nya bertambah dari 11,4 juta pada 16 Juli 2020, menjadi 14,1 juta pada 25 Januari 2021. Total pertambahannya hampir 3 juta hanya dalam waktu kurang dari setahun.

5. Memutuskan Hidup Sederhana di Desa Setelah Sang Kakek Meninggal

Li Ziqi

Memutuskan Hidup Sederhana di Desa Setelah Sang Kakek Meninggal (Instagram)

Awal mula karirnya di YouTube dimulai sembilan tahun lalu, ketika Li Ziqi memutuskan untuk tinggal di kampung halamannya demi merawat neneknya yang sakit. Dia kemudian mulai membuat video tentang kehidupan mereka pada tahun 2015.

Li Ziqi menghabiskan banyak waktu untuk membuat video, dengan sebagian besar pengambilan gambar yang membutuhkan waktu berhari-hari. Dia juga diketahui suka memanjat pohon untuk mencoba mendapatkan sudut pandang kamera yang sempurna.

Meski awalnya dia merekam semua video itu sendiri, dia sekarang bekerja dengan bantuan asisten pribadi dan videografer.

6. Memiliki Daya Tarik Tersendiri

Li Ziqi

Memiliki Daya Tarik Tersendiri (Instagram)

Video Li Ziqi memiliki daya tarik tersendiri, utamanya bagi milenial perkotaan yang menyukai budaya tradisional atau yang sering disebut sebagai fugu/hanfu.

Profesor Sejarah dan Filsafat China di Universitas Qufu Normal mengatakan, fugu mencerminkan kerinduan kalangan pemuda terhadap hal-hal tradisional, yang disebabkan rasa kecewa terhadap budaya konsumerisme, dan kondisi industri yang terus berubah.

Dalam praktik yang banyak terlihat, fugu bisa dilihat dari anak-anak muda yang terlihat memadukan pakaian tradisional dalam penampilan sehari-hari, menonton drama sejarah, dan mengikuti gaya influencer yang hidup di pedesaan seperti Li.

Menurut Linda Qian kandidat PhD Universitas Oxford, popularitas Li salah satunya dipengaruhi oleh kondisi yang terjadi pada masyarakat China.

“Ini disebut xiangchou. Xiang berarti kehidupan pedesaan, serta chou berarti merindu,” jelas Linda.

“Ini cukup lazim bagi kaum muda yang menjalani kehidupan kota. Mereka benar-benar muak dengan kota, sehingga pedesaan semakin terlihat seperti gambaran ideal tentang tempat yang tepat untuk menjalani kehidupan seharusnya,” sambungnya.

7. Pendapatan Li Ziqi Yo

Li Ziqi

Pendapatan Li Ziqi Yo (Instagram)

Li Ziqi selalu membuat video di tempat tinggalnya, Provinsi Sichuan, China. Berdasarkan situs Social Blade, penghasilan yang didapat Li Ziqi dari YouTube diprediksi mencapai Rp 4,8 miliar hingga Rp 78 miliar setiap tahunnya.

8. Diduga Diboikot China

Li

Diduga Diboikot China (Instagram)

Seperti dilansir dari NZ Herald, menurut sang asisten, YouTuber berambut panjang itu tengah fokus melanjutkan studi hingga tak sempat membuat konten baru.

Namun, publik justru menduga Li Ziqi diboikot pemerintah China karena dianggap mengancam negara. Apalagi, gadis yang kerap terlihat tangguh  itu telah menjadi salah satu YouTuber terkaya di dunia.

9. Diduga Terlibat Masalah Hukum

Li

Diduga Terlibat Masalah Hukum (Instagram)

Sementara itu, dugaan lainnya menyebutkan bahwa Li Ziqi Yo tengah tersandung masalah hukum akibat bisnis yang mengacu pada unggahan di akun Weibo miliknya pada 30 Agustus lalu.

Dalam unggahan yang sudah dihapus, Li Ziqi mengunggah potret dirinya sedang mengajukan laporan di kantor polisi.

“Aku meminta tim kuasa hukumku mencatat semuanya dan ini sangat mengerikan. Semua bisnis memang harus punya trik yang bagus,” tulisnya kala itu.

10. Kemungkinan Adanya Perselisihan Bisnis

Li

Perselisihan Bisnis (Instagram)

Pada kesempatan lainnya, asisten Li Ziqi juga mengatakan bahwa atasannya itu sedang menangani masalah yang melibatkan perusahaannya sendiri dan perusahaan pihak ketiga, tanpa memberikan rincian pasti. Lantas, unggahan ini pun kembali memicu desas-desus tentang perselisihan bisnis yang kemungkinan sedang dialami Li.

Diketahui, Li Ziqi memiliki saham 49 persen di sebuah perusahaan manajemen influencer bernama Hangzhou Weinian. Perusahaan itu menjalankan kampanye media sosial Li Ziqi dan mengelola brand makanan miliknya.

Li Ziqi adalah influencer paling berharga yang dikelola oleh Weinian. Perusahaan tersebut baru saja menerima investasi dari ByteDance, perusahaan induk Douyin dan TikTok.

Sementara itu, di sisi lain, tersiar kabar bahwa Li Ziqi sengaja disingkirkan oleh pemerintah Xi Jinping. Di China, selebriti atau orang yang popular tampaknya telah menjadi ancaman. Popularitas dan kekayaan mereka dianggap berisiko dan mengancam.

Artikel terkait: Foto Bareng Dewi Soekarno dan 5 Hal yang Membuat Zhang Zhehan Diboikot China

Itulah fakta Li Ziqi Yo yang kini diduga menghilang. Hingga saat ini, masih belum ada konfirmasi resmi mengenai kabar dugaan menghilangnya Li Ziqi. Jadi, apakah Parents termasuk penonton setia karya sang Youtuber peraih Guinness World Records ini?

Baca juga:

10 Momen Keluarga Artis Rayakan Imlek 2021, Hangat dan Penuh Kebersamaan

10 Makanan Dari China yang Berbahaya dan Harus Anda Hindari

10 Artis Keturunan Tionghoa yang Merayakan Imlek

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.