10 Cara Menghilangkan Varises Secara Alami Tanpa Operasi

oleh


Varises adalah pembuluh darah vena yang menonjol pada bagian kaki yang biasanya berukuran besar dan berwarna biru. Kondisi ini kerap dianggap mengganggu penampilan. Lantas, adakah cara menghilangkan varises? Temukan jawabannya melalui ulasan berikut ini!

Ketahui Penyebab Varises

Coba di Rumah, 10 Cara Menghilangkan Varises Secara Alami

Varises sebenarnya disebabkan oleh terlalu banyaknya tekanan pada dinding pembuluh darah. Hal ini dapat dipicu oleh berbagai faktor seperti usia, posisi berdiri yang terlalu lama, obesitas, faktor genetik, perubahan hormon (pada wanita), serta penyakit karena penggumpalan darah.

Jika diperhatikan dari luar kulit, varises terlihat menonjol sehingga sangat mengganggu penampilan, terutama bagi mereka yang kerap mengenakan pakaian pendek. Selain mengganggu penampilan seseorang, adanya varises juga bisa berdampak serius pada kesehatan. 

Selama ini, varises dianggap sebuah masalah sepele. Padahal jika dibiarkan, varises akan menyebabkan penggumpalan darah di kaki yang disebut dengan  deep vein thrombosis. Bagi setiap orang yang memiliki varises, tentunya mereka ingin varisesnya segera menyingkir.

10 Cara Menghilangkan Varises

Ada dua cara untuk menghilangkan varises, yakni dengan operasi pengangkatan varises dan dengan cara alami. Nah bagi Parents yang tak mau menempuh jalur operasi, inilah beberapa cara alami yang bisa dilakukan dari rumah.

1. Konsumsi Makanan Mengandung Flavonoid

Coba di Rumah, 10 Cara Menghilangkan Varises Secara Alami Salah satu cara menghilangkan varises adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung flavonoid. Flavonoid diketahui dapat melancarkan sirkulasi darah di dalam pembuluh.

Flavonoid juga membantu mengurangi tekanan pada pembuluh arteri dan membuatnya mengendur. Adapun sumber flavonoid bisa didapatkan dari makanan dan buah seperti cokelat, anggur, apel, jeruk, blueberry, paprika, dan brokoli. 

Artikel terkait: Benarkah Menekuk Kaki Setelah Melahirkan Menyebabkan Varises?

2. Menghilangkan Varises dengan Ramuan Bawang Putih dan Lemon

cara menghilangkan varises

Bawang putih dalam dunia kesehatan diketahui memiliki manfaat yang sangat melimpah. Mulai dari obat sakit gigi, obat kanker payudara, hingga obat varises.

Bawang putih mengandung senyawa flavonoid dan sulfur yang berguna untuk meningkatkan aliran darah dan mencegah pembekuan darah. Selain itu, flavonoid juga bekerja memperkuat pembuluh darah dan menjaganya tetap aman dari kerusakan. 

Sementara lemon merupakan sumber vitamin C yang membantu mengurangi efek kerusakan oksidatif. Senyawa pada lemon bekerja bersamaan dengan senyawa pada bawang putih yang mampu mempercepat penyembuhan varises.

Cara menggunakannya adalah ambil 10-12 siung bawang putih dan haluskan hingga berbentuk seperti pasta. Tambahkan 2-3 perasan jeruk lemon pada pasta bawang putih dan diamkan semalaman.

Gunakan ramuan tersebut untuk memijat bagian kaki yang terkena varises dua kali sehari. Lakukan selama 2 bulan hingga varises benar-benar menghilang.

3. Cuka Apel

cara menghilangkan varises

Bahan selanjutnya yang dapat digunakan untuk menghilangkan varises adalah cuka apel. Sari cuka apel dapat membantu mendetoksifikasi racun dalam tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah dalam pembuluh darah.  

Cara menggunakan cuka apel untuk varises adalah dengan mengoleskannya pada kaki yang varises dan dipijat perlahan. Lakukan pemijatan menjelang tidur atau setelah bangun tidur. Hentikan penggunaan cuka apel setelah varises menghilang.

Selain digunakan untuk memijat kaki yang varises, cuka apel juga dapat diminum bersama air. Ramuan ini dapat mengencerkan darah yang membeku dan mengurangi kadar kolesterol.

4. Kentang

cara menghilangkan varises

Kentang merupakan salah satu bahan makanan yang banyak manfaatnya. Selain kaya akan karbohidrat dan antioksidan, kentang diketahui juga kaya akan potasium yang bisa membantu menghilangkan varises pada kaki. Potasium dalam kentang berfungsi untuk mengurangi retensi air dalam pembuluh darah terutama pada kaki varises. 

5. Rebusan Witch Hazel, Salah Satu Cara Menghilangkan Varises

cara menghilangkan varises

Banyak digunakan untuk kecantikan, ternyata witch hazel juga berguna untuk mengobati varises, loh. Witch hazel merupakan tanaman yang telah sering digunakan untuk mengobati varises dan pembuluh darah yang rusak.

Witch hazel berfungsi meningkatkan aliran darah pada pembuluh darah dalam tubuh dan engobati plak yang ada dalam katup darah. Cara menghilangkan varises dengan witch hazel adalah rebus beberapa kuntum witch hazel dan dinginkan. 

Celupkan kain dalam rebusan witch hazel dan balurkan pada kaki yang varises. Ulangi langkah ini selama 2-3 bulan. Namun jika Parents tak ingin repot merebus witch hazel, saat ini telah tersedia tersedia dalam bentuk cairan. Sehingga, hanya perlu dicampurkan ke dalam air hangat dan gunakan untuk merendam kaki yang varises. 

6. Minyak Esensial 

Coba di Rumah, 10 Cara Menghilangkan Varises Secara Alami

Banyak minyak esensial berfungsi untuk meningkatkan aliran darah serta menurunkan peradangan dan ketidakseimbangan hormon. Salah satu minyak esensial yang cocok untuk meningkatkan sirkulasi darah adalah minyak cypress

Oleskan 5-6 tetes minyak cypress pada area varises sebanyak 2 kali sehari dan lakukan rutin selama beberapa minggu. Jika Parents memiliki keluhan dalam menggunakan minyak cypress, ganti dengan minyak esensial yang lain seperti lavender, peppermint, dan teh dalam jumlah kecil.

Artikel terkait: Varises saat hamil bikin khawatir, bagaimana mencegahnya?

7. Menghilangkan Varises dengan Tanaman Pegagan

Coba di Rumah, 10 Cara Menghilangkan Varises Secara Alami

Salah satu tanaman tradisional yang dapat digunakan untuk menghilangkan varises adalah tanaman pegagan. Tanaman yang satu ini memiliki khasiat untuk mengurangi pembengkakan dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. 

Tanaman pegagan biasanya dikonsumsi dalam bentuk teh, kapsul, atau cairan ekstrak. Pegagan juga biasanya digunakan untuk krim atau salep.

Meskipun bermanfaat untuk kesehatan, Parents juga tetap harus berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu terutama pada ibu hamil, ibu menyusui dan penderita liver. 

8. Teh Chamomile

cara menghilangkan varises

Chamomile seringkali digunakan sebagai teh hangat yang bermanfaat besar untuk kesehatan tubuh. Menariknya, chamomile ternyata memiliki kandungan yang dapat melancarkan sirkulasi darah pada penderita varises.

Selain untuk teh, chamomile dapat  diambil minyaknya. Para penderita varises juga dapat mengoleskan minyak chamomile ini pada area varises sebelum tidur.

9. Berolahraga Teratur

cara menghilangkan varises

Olahraga yang teratur dapat membantu melancarkan aliran darah dalam tubuh khususnya pada ekstremitas bagian bawah. Sehingga, sangat dianjurkan untuk rutin melakukan kegiatan yang satu ini.

Olahraga seperti berenang dapat menjaga jantung tetap memompa darah sehingga aliran darah tetap mengalir lancar. Demikian juga dengan berjalan, bersepeda dan yoga yang merupakan salah satu olahraga yang bisa menjaga denyut nadi berdetak normal dan menjaga sirkulasi darah tetap lancar. 

10. Konsumsi Omega 3

Coba di Rumah, 10 Cara Menghilangkan Varises Secara Alami

Cara menghilangkan varises yang terakhir adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3. Makanan seperti ini bisa didapatkan dari seafood seperti ikan teri, salmon, tuna, tiram, dan kerang.

Omega 3 telah dikenal sebagai asam lemak esensial yang dapat menyehatkan jantung, menekan risiko penyumbatan darah dan mengencerkan darah. Menurut San Diego Varicose Vein Treatment Center, omega 3 dan serat merupakan sumber protein anti inflamasi yang membantu menghilangkan kolesterol dan meningkatkan kualitas aliran darah. 

****

Sejumlah tips di atas adalah awal yang baik untuk mencegah varises menjadi lebih buruk. Diet anti-inflamasi yang seimbang dapat meningkatkan aliran darah dan dapat mengurangi efek peradangan. Membatasi konsumsi gula, alkohol, kafein, dan makanan olahan juga dapat mengurangi gejala varises.

Namun perlu diingat, ya, Parents, cara menghilangkan varises ala pengobatan rumahan hanya dapat membantu mencegah dan melawan varises sampai batas tertentu. Pengobatan yang tepat dari tenaga kesehatan profesional mungkin dapat mengatasi masalah varises hingga ke akarnya.

Baca juga:

id.theasianparent.com/varises-vagina

id.theasianparent.com/manfaat-air-lemon

id.theasianparent.com/bagaimana-kulit-anda-berubah-selama-kehamilan

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.